Tips Memilih Kemeja Batik Kombinasi Pria

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang memiliki nilai seni yang tinggi, sehingga sudah pasti, batik memiliki ciri khas corak yang membuat banyak orang dari berbagai kalangan menyukainya, meskipun batik pada zaman dahulu identik dengan keluarga kerajaan atau keratin, saat ini dengan berkembangnya dunia fashion membuat banyak desainer yang tertarik untuk membuat model pakaian dengan kain batik.

Dan saat ini pun sudah terlihat dengan jelas perkembangannya, mungkin dulu batik merupakan pakaian yang identik dengan acara – acara formal, seperti gaun, kemeja dan berbagai pakaian formal lainnya, namun saat ini, banyak pakaian – pakaian informal yang menggunakan batik dengan berbagai motif dan desain, bahkan pernak – pernik pun saat ini sudah banyak menggunakan motif batik.

Bagi pria, menggunakan pakaian batik merupakan cara tercepat jika akan mengunjungi acara formal. Berbeda dengan wanita, pria memiliki sifat selalu ingin mudah dan tidak mau ribet dalam hal belanja pakaian sehingga mereka terkadang memilih pakaian sesuai yang diinginkan padahal pakaian tersebut bisa merusak penampilannya. Seorang wanita memiliki rasa peka dan lebih selektif dalam hal memilih pakaian, sehingga sudah pasti anda sering melihat laki – laki yang bersama istri, saudara perempuan atau mungkin pacarnya untuk belanja pakaian. Namun jika anda ingin belanja sendirian, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, karena meskipun jangan menilai orang dari bukunya, banyak orang – orang yang menilai kita terlebih dahulu dari penampilan.

Berikut beberapa tips yang bisa anda coba dalam memilih kemeja batik yang pantas untuk pria.

1. Menetapkan Motif

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah dalam pemilihan motif batik itu sendiri. Dalam memilih motif batik, anda harus menyesuaikannya dengan pribadi atau karakter anda sendiri, karena hal ini sangat penting dalam meningkatkan kewibawaan anda. Selain itu, motif batik juga menunjukkan identitas daerah dari penggunanya. Terdapat banyak motif batik yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda. Namun dalam memilih motif batik, ada baiknya anda memilih motif sesuai dengan kondisi pemakaiannya. Misalkan saja, jika anda membutuhkan batik untuk bekerja atau untuk mendatangi acara formal, maka lebih baik jika anda memilih kemeja dengan motif batik solo atau jogja.

2. Pertimbangkan Budget

Hal kedua yang harus anda perhatikan adalah mempertimbangkan budget anda. Tentu saja anda juga sudah tahu pasti kalau harga tidak akan membohongi kualitas, jadi jika anda memang menginginkan kemeja seperti batik kombinasi pria yang berkualitas, maka pastikan anda mempersiapkan uang lebih karena bahkan ada kemeja batik yang harganya hingga jutaan rupiah. Namun dalam memilih batik, sebaiknya anda tidak perlu memikirkan batik yang harganya jutaan rupiah, karena bisa saja kemeja batik tersebut tidak cocok dengan anda. Anda perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar jika ingin batik tulis yang terbuat dari bahan sutra karena harga batik ditentukan dari cara dan bahan pembuatannya. Ada juga batik cap yang memiliki harga nya masih terjangkau namun masih memiliki kesan yang mewah. Mau cap atau tulis keduanya juga sama – sama bagus karena yang terpenting adalah kerapian jahitan kemeja berada di tingkat yang tinggi.

3. Perhatikan Bahan Pembuatan Kemeja

Bukan hanya ketika memilih bahan kemeja batik saja, dalam memilih pakaian pastikan anda memilih bahan yang tepat. Jika anda akan mengunjungi suatu acara pesta formal dan sebagainya, maka pilih kemeja batik dengan bahan sutra. Jika bahan sutra terlalu mahal bagi anda, maka anda bisa memilih bahan satin yang harganya di bawah sutra namun tidak kalah mewah. Berhati – hatilah dalam memilih pedagang batik karena bisa saja penjual menyebut bahan satin sebagai bahan sutra.

4. Perhatikan Perkembangan Trend dan Sesuaikan Dengan Situasi dan Kondisi

Langkah ke empat merupakan langkah yang paling penting dalam memilih kemeja batik. Dalam memilih kemeja batik, pastikan anda memilih kemeja dengan motif batik yang bisa digunakan dalam berbagai situasi dan kondisi. Pertimbangkan juga tren yang sedang berkembang saat ini, seperti misalnya batik kombinasi pria dan sebagainya. Jangan pilih model kemeja batik yang hanya bisa digunakan sekali dan tak terpakai nantinya.

Itulah beberapa tips yang bisa anda coba dalam memilih batik untuk pria. Perlu anda ketahui, terdapat banyak sekali motif batik yang ada di Indonesia dan tentu saja akan sangat sulit untuk menghitung ada berapa jumlah motif batik di Negara ini. Bagi anda yang pertama kali dalam memilih baju batik mungkin akan tenggelam dalam kebingungan karena banyaknya motif batik yang tersebar, Namun anda bisa memilih motif batik tersebut sesuai dengan keinginan dan selera anda. Baik itu batik cap, sablon atau tulis tangan, pastikan batik tersebut memiliki desain yang sesuai dengan harapan anda.

Mungkin anda berpikir akan sangat aneh bagi pria memikirkan hal seperti pakaian atau memikirkan dan memilih kemeja batik. Namun, meskipun anda seorang pria, anda tidak boleh merasa cuek dengan penampilan anda sendiri, jika penampilan anda tidak baik atau asal – asalan maka orang lain juga akan menganggap anda orang yang tidak peduli pada hal yang kecil. Perbaiki penampilan anda agar orang lain dapat melihat anda pada kondisi dan karakter yang baik.

Baju atau kemeja batik bisa dibilang merupakan pakaian yang sangat wajib anda miliki sebagai orang Indonesia. Karena pakaian ini merupakan pakaian yang sangat memperlihatkan karakteristik budaya dari bangsa Indonesia. Karena itulah, dalam memilih baju batik, maka pastikan anda memilih batik yang paling sesuai dan paling terbaik bagi anda, baik itu mahal atau murah, yang penting ketika anda memakainya anda akan merasa nyaman dan menimbulkan penampilan terbaik anda.

Namun, ada juga pria yang memiliki pikiran bahwa menggunakan kemeja batik akan menimbulkan kesan penampilan yang sudah tua dan sebagainya, biasanya, orang – orang yang sering berpikiran seperti ini adalah anak – anak muda yang memiliki masalah dalam memakai batik. Hal ini tentu saja merupakan alasan yang tidak masuk akal. Dengan berkembangnya fashion pada zaman ini, terdapat banyak pilihan kemeja batik, dan banyak pria yang kesulitan dalam memilihnya. Misalkan saja seperti batik kombinasi pria, jika anda memilihnya tidak baik dan asal – asalan, maka bisa saja bukannya memperlihatkan kewibawaan, baju batik kombinasi pria yang anda pilih bisa saja membuat anda terlihat seperti pegawai hotel. Karena itulah, penting bagi anda untuk mengetahui tips dalam memilih kemeja batik sehingga ketika anda menggunakan batik, tidak aka nada kesan tua bagi anda yang menggunakannya.

Bagi anda yang masih muda, menggunakan baju batik justru akan menimbulkan kesan yang baik. Namun tentu saja sesuaikan pakaian anda dengan situasi dan kondisi sehingga anda tidak akan dipandang aneh oleh banyak orang