Model Baju Batik Kombinasi Kain Polos untuk Wanita

Pada awal terciptanya, pakaian dengan motif batik hanya dapat dikenakan oleh beberapa kalangan pada masa kerajaan Majapahit. Saat itu, berbagai motif diciptakan untuk menunjukkan status sosial dalam ruang lingkup kerajaan. Motif, pola, serta warna batik juga akan berbeda pada setiap hari-hari besar.

Motif batik yang berbeda tersebut juga tidak hanya dibuat pada peristiwa-peristiwa tertentu, namun pada daerah-daerah di Indonesia pun memiliki motif batik tersendiri yang khas serta mempunyai makna filosofis yang menarik.

Sebagai contoh, batik Mega Mendung asal Cirebon Jawa Barat dengan motif batik menyerupai awan yang berwarna biru tua dengan pola menyambung. Motif tersebut dimaknai sebagai suasana hati manusia yang sedang kacau, namun tetap merasa sejuk seperti awan mendung.

Kemudian ada batik khas Solo yang biasa disebut Batik Solo Slobog. Batik jenis ini mempunyai pola warna coklat diagonal dengan gambar menyerupai parang atau golok dengan makna filosofisnya yaitu, setiap roh yang sudah keluar dari jasad diharapkan tidak mempunyai halangan dan rintangan dalam menghadap Sang Maha Kuasa.

Setiap motif disetiap daerah mengandung makna filosofis tentang kehidupan yang berbeda-beda, tergantung pada persepsi orang lain yang memandangnya. Tapi apa jadinya jika batik dengan motif yang berbeda dipadukan dengan motif batik lain atau dengan warna polos ?

Beruntung, kita sebagai anak bangsa yang terlahir pada zaman modern seperti sekarang ini masyarakat sudah berpikiran maju dan berkembang, tidak terkecuali membatik. Batik-batik modern saat ini sudah tercipta dengan dua motif yang berbeda dalam satu buah kain polos, atau biasa disebut dengan batik kombinasi kain polos. Gabungan budaya dan aspek modern terpampang jelas pada batik kombinasi ini.

Pembuatan batik tersebut tidak berbeda, yakni dengan cara canting, cap, celup, dll. Letak perbedaanya ialah pada seleksi motif yang harus memiliki pola yang sesuai dan enak dilihat jika digabungkan dengan pola-pola lain. Seperti rekomendasi model baju batik kombinasi kain polos untuk wanita dibawah ini:

Dress bermotif Batik Solobog

Kombinasi batik Solo Slobog yang berwarna coklat hitam ini dikombinasikan dengan kain polos berwarna hitam pekat pada bagian lengan, yang menghasilkan harmonika warna yang dinamis dan elegan. Pakaian dibuat dengan model dress ini begitu feminist dengan kain yang berbahan polyester. Sehingga para wanita aktif akan sangat cocok mengenakan batik ini.

Motif Batik Solo Slobog yang filosofis dipadukan dengan dress pendek terlihat sangat cocok untuk dikenakan para milenial untuk beragam aktivitas. Model batik ini sangat cocok digunakan para remaja kaum hawa untuk menghadiri acara kerabat, acara pesta, maupun digunakan pada kegiatan sehari-hari.

Sebagai tambahan, anda disarankan memakai sepatu atau sandal yang berwarna putih atau coklat untuk memberi kesan dinamis dan sederhana.

Batik Gamis Bermotif Parang

Model baju batik kombinasi kain polos yang selanjutnya ialah pakaian gamis yang dikhususkan bagi para wanita yang menginginkan tampilan pakaian yang modern namun tidak meninggalkan sisi budaya dan tradisi.

Gamis ini mengandung motif batik berpola parang, dengan corak warna putih dan abu-abu pada bagian atas gamis. Sedangkan pada bagian bawah gamis, kain hitam polos melengkapi corak batik parang tersebut dengan kesan yang terlihat elegan.

Kaum hawa dari semua kalangan dan usia bisa mengenakan gamis ini, dikarenakan pakaian muslim ini memang dikhususkan untuk kaum hawa yang menginginkan busana dengan motif yang tidak mencolok. Sehingga sangat cocok digunakan untuk berbagai aktivitas sehari-hari. Anda bisa memadukan warna gamis hitam ini dengan jilbab dengan berwarna hitam, coklat, ataupun warna lain sesuai dengan keinginan.

Setelan Batik Jepara

Model baju batik kombinasi kain polos untuk wanita yang selanjutnya bermotif Batik Jepara. Batik dengan pola melingkar dengan tambahan kupu-kupu di bagian tengahnya ini begitu populer di kalangan pemuda-pemudi zaman ini.

Motif batik ini mempunyai pola yang beragam, mulai dari motif hewan, tumbuhan, maupun abstrak. Batik yang biasa disebut dengan Batik Kartini ini sangat cocok dipadukan dengan warna merah muda yang mempunyai kesan feminist.

Untuk anda yang sedang mencari baju batik dengan kain polos wanita direkomendasikan untuk memilih pakaian berjenis setelan. Dikarenakan batik ini akan sangat harmonis jika pada bagian rok juga terdapat motif batik.

Anda dapat menambahkan sepatu dengan warna putih atau merah muda sebagai pelengkap dari pakaian setelan yang berwarna serupa. Pakaian ini seringkali dikenakan pada saat-saat peringatan hari batik nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober. Namun anda tetap dapat mengenakannya pada aktivitas sehari-hari.

Baju dengan Batik Pekalongan

Yang terakhir adalah batik Pekalongan yang begitu populer. Batik yang khas dengan pola bunga-bunganya ini sangat direkomendasikan bagi anda yang sedang mencari referensi baju batik untuk dikenakan pada saat kerja.

Baju dengan Batik Pekalongan seringkali terlihat pada pada pegawai-pegawai kantor. Dikarenakan batik ini mudah dipadukan dengan berbagai jenis bawahan seperti rok dan celana panjang hitam polos yang anggun dan elegan.

Baju batik pekalongan ini mempunyai motif dan pola yang beragam, dikarenakan faktor budaya Indonesia yang mulai berkembang. Batik ini dikenal dengan motif bunga-bunganya, namun tidak jarang pula ada tambahan pola flora sebagai pelengkapnya.

Anda yang mengenakan Baju Batik ini tidak hanya mengikuti perkembangan zaman, namun tetap pada pelestarian budaya dan tradisi.

Blazer Batik 

Batik kombinasi berikutnya dengan model pakaian Blazer. Pakaian yang notabene-nya terbuat dengan kain levis ini terlihat sangat padu digantikan dengan kain batik. Anda dapat dengan mudah menemukan blazer berkain batik dengan motif yang berbeda-beda di pasar tradisional.

Sebagai rekomendasi, pilihlah blazer yang berwarna cerah jika anda mengenakan celana panjang berwarna hitam. Ini akan menghasilkan perpaduan warna yang imbang. Namun untuk anda yang mengenakan celana panjang berwarna coklat atau abu-abu polos, ada baiknya jika memilih blazer batik berwarna serupa. Hal ini agar mengurangi perbedaan warna yang terlihat kontras.

Blazer seringkali dicari para kaum hawa dikarenakan sifatnya yang multifungsi, sehingga blazer batik sangat cocok digunakan pada aktivitas kerja, traveling, maupun sehari-hari.

Kimono Bermotif Batik

Kimono identik dengan lengannya yang lebar serta bagian tengahnya yang berpita. Banyak motif batik yang cocok dikombinasikan dengan pakaian tradisional Jepang ini. Namun ada baiknya jika anda memilih warna batik yang sesuai dengan warna bawahan agar terlihat tidak mencolok dan tidak terkesan berlebihan.

Jika kimono yang anda kenakan berwarna biru muda, sebaiknya pilihlah celana panjang polos dengan warna yang putih atau coklat tua. Agar terjalin kombinasi warna yang padu dan berimbang.

Beberapa rekomendasi model baju batik kombinasi kain polos untuk wanita diatas adalah sebagai referensi dan bukan sebagai patokan. Anda dapat menggabungkan berbagai jenis pakaian batik dengan warna yang sesuai dengan keinginan. Namun pemilihan warna patut diperhitungkan agar tidak ada kesenjangan warna yang kontras antara atasan dan bawah.