Model Atasan Batik Wanita Kombinasi

Anda sedang mencari model atasan batik wanita? Ya, Batik memang memiliki nilai tersendiri. Selain sebagai jenis kain yang banyak diperbincangkan orang di seluruh dunia, batik juga menjadi pakaian yang paling fleksibel. Maksudnya, batik dapat digunakan di tempat kerja, di acara keluarga, acara resmi, bahkan bisa untuk bepergian secara casual.

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari model atasan batik wanita untuk digunakan untuk berbagai keperluan, mungkin Anda akan bingung karena memilih batik itu gampang-gampang susah. Gampang, betul, karena batik tersedia dalam berbagai model yang bisa Anda sesuaikan untuk keperluan dan momen penggunaan batik tersebut.

Tapi, memilih batik juga bisa saja susah. Hal ini karena batik pada dasarnya merupakan pakaian tradisional. Jadi, bila Anda salah pilih, Anda justru akan terlihat terlalu kuno dan tentu hal ini tidak Anda inginkan.

Lalu, model batik apa yang sebenarnya cocok untuk digunakan di era modern ini? Inilah dia batik kombinasi. Ini adalah kombinasi antara motif batik dan juga aksen warna modern.

Mengapa model atasan batik wanita seperti ini cocok untuk keperluan modern. Inilah alasan mengapa batik kombinasi merupakan jenis batik yang paling cocok untuk digunakan wanita modern dan juga dinamis untuk berbagai keperluan.

Tidak Terlalu Formal

Adanya aksen warna yang polos pada model atasan batik wanita kombinasi akan membuat Anda tampak lebih santai dan tidak terlalu serius. Inilah masalah pada penggunaan batik yang full corak, yaitu Anda akan tampak terlalu serius.

Batik yang full dengan corak sebenarnya sangat cocok digunakan untuk acara-acara resmi dan formal seperti pesta pernikahan yang bertema tradisional atau undangan acara oleh pejabat atau acara yang bersifat keagamaan dan budaya.

Namun, untuk acara yang sifatnya santai seperti reunian dan arisan, maka gunakanlah batik yang memiliki aksen polos. Dengan begitu, Anda akan terlihat lebih muda dan santai.

Mudah dipadu padankan

Ya, ini adalah kelebihan lain dari model atasan batik wanita kombinasi. Adanya bagian kain yang berwarna polos akan memudahkan Anda untuk memadukannya dengan warna celana atau rok yang pas. Ini sangat berguna bagi Anda yang sangat memperhatikan warna.

Masalah dengan batik full corak adalah sulitnya menentukan warna dasar dari batik tersebut. Alhasil, Anda pun pasti akan kesusahan dalam menentukan warna apa yang akan digunakan untuk bagian lain dari fashion Anda.

Atasan batik kombinasi juga sangat berguna bagi Anda yang berhijab. Anda tentu pernah mengalami kesulitan memadukan warna hijab dengan warna batik yang Anda kenakan. Nah, sekarang, hal itu tidak perlu jadi masalah lagi. Dengan adanya batik kombinasi, maka warna dasar akan mudah ditentukan sehingga memadukannya pun tidak lagi jadi kesulitan.

Dapat Digunakan Di Acara Lain

Pernahkah Anda membeli model atasan batik wanita untuk acara tertentu seperti undangan pernikahan dan lain sebagainya, lalu berpikir, untuk apalagi batik ini akan digunakan ya?

Anda mungkin pernah menerima batik seragam pernikahan. Ya, ini adalah kain batik yang biasa diberikan kepada pagar ayu atau panitia pernikahan. Biasanya ini akan Anda terima apabila ada teman dekat yang menikah. Batik yang diberikan pasti memiliki corak yang penuh. Wajar saja, karena acara pernikahan adalah acara kebudayaan yang kental di Indonesia.

Namun kemudian Anda kebingungan karena batik ini tidak bisa lagi digunakan di acara lain selain pernikahan. Kalau gratis sih, Anda mungkin tidak terlalu pusing. Dipakai sekali seumur hidup pun tentunya tidak akan menjadi masalah yang begitu berarti karena bukan Anda yang membelinya.

Tapi, bagaimana kalau Anda yang membeli kain batik itu sendiri khusus untuk suatu acara pernikahan. Anda pasti akan kebingungan di kemudian hari karena batik tersebut terlalu formal untuk digunakan di acara lain.

Masih berkaitan dengan poin 1, batik kombinasi tidaklah terlalu formal. Hal ini membuat Anda tidak perlu pusing akan digunakan dimana batik tersebut. Jadi, dengan membeli batik kombinasi, Anda hanya perlu membeli sekali untuk digunakan di berbagai kesempatan. Ini membuat pilihan batik kombinasi lebih ekonomis daripada batik yang bersifat full corak tradisional.

Harga Lebih Murah

Selain ekonomis karena bisa dipakai berulang kali di acara yang berbeda, model atasan batik wanita juga biasanya dijual dengan harga yang lebih murah. Mengapa demikian?

Proses pembuatan batik sebenarnya tidaklah semudah kelihatannya, apalagi untuk batik full corak. Ada proses pewarnaan dasar, penggambaran batik (khusus batik tulis), dan juga pencucian ulang untuk memastikan kain tidak luntur ketika dicuci oleh pembeli. Inilah yang membuat harga batik full corak sangat mahal.

Lain halnya dengan batik kombinasi. Proses pembuatannya hampir sama dengan blus, kemeja, atau jenis atasan lainnya. Yakni hanya dengan pewarnaan dasar dan juga proses pengecapan motif batik. Ini jauh lebih mudah dan tidak membutuhkan ongkos produksi yang tinggi. Hasilnya, batik kombinasi ini akan dijual dengan harga yang lebih murah daripada model atasan batik wanita tulis.

Mudah Untuk Couple-an

Anda pasti ingin menggunakan batik couple bersama dengan pasangan atau keluarga. Sayangnya, dengan batik full corak yang sangat tradisional, Anda mungkin akan kesulitan. Pasalnya, tidak semua orang cocok menggunakan batik full corak. Bila kebetulan Anda cocok, bisa jadi pasangan Anda akan terlihat aneh saat mengenakannya. Akhirnya, kostum couple Anda justru terkesan memaksa.

Jadi, alangkah baiknya menggunakan motif yang sifatnya unisex atau dapat digunakan pria dan wanita. Ini sangat mudah didapatkan dari batik kombinasi. Adanya warna polos akan membuat batik ini seperti pakaian biasa dengan goresan aksen batik di beberapa tempat.

Saat ini, sudah banyak toko-toko yang mengerti bahwa model atasan batik wanita tradisional sangat sulit untuk dibuat batik couple. Jadi, mereka sudah mulai menjual batik kombinasi agar laku di pasaran.

Anda pun jadi semakin mudah dalam mencarinya. Ketika membeli, Anda tidak perlu melihat terlalu detail pada motif coraknya, karena bagian corak bukanlah bagian inti dari batik tersebut.

Tampil Beda

Meski sudah banyak di pasaran, tapi batik kombinasi masih jarang diminati karena masih banyak orang yang takut untuk mencobanya. Ya, masyarakat masih berpendapat bahwa batik kombinasi terlalu modern untuk digunakan di berbagai acara dan terkesan “tanggung”.

Jadi, dengan menggunakan batik kombinasi ini, Anda akan tampil beda dari yang lainnya. Keren, kan?

Nah itulah 6 hal yang bisa membuat batik kombinasi begitu cocok untuk Anda yang berjiwa muda dan dinamis. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari membeli batik ini, mulai dari keuntungan secara harga, keuntungan secara penampilan, dan masih banyak lagi.

Namun, jangan lupa, tetap utamakan selera Anda dalam membeli batik. Jika Anda merasa cocok dengan batik kombinasi ini, pastikan Anda membeli warna yang cocok dengan rok atau hijab yang sudah Anda punya. Jadi, Anda tidak perlu membeli bagian lain dari fashion Anda untuk menyesuaikan model atasan batik wanita yang baru Anda beli.